11 November 2015

Tiga Kata Ajaib

Rara, 39 bulan

    "Bun, mik putih," pinta Rara. 
    "Boleh minta tolong, dek," kata saya.
    "Bun, tolong air putih," Rara mengulangi permintaanya, meniru kata-kata saya.
Segera saya mengulurkan segelas air untuk putri kecil saya itu. 
    "Terima kasih ya, Bun, " ucap Rara. 
Saya tersenyum dan menjawab, " Iya, sama-sama".
Dalam hati saya bangga, si Rara tahu kapan waktu mengucapkan terima kasih. 

Beberapa waktu yang lalu, tak sengaja Rara menjatuhkan sisir yang dibawanya dan mengenai muka saya yang sedang tiduran. Reflek saya mengaduh *padahal nggak sakit-sakit amat sih...hehe
     "Maaf ya, Bun," kata Rara sambil mengusap pipi saya.
Tidak hanya mengusap pipi, Rara juga memeluk dan menciumi saya. Tampaknya dia seperti menyesal menjatuhkan sisirnya di muka saya.

Menurut para ahli komunikasi ternyata ada tiga kata ajaib (the three magic word) yang mampu membangun hubungan baik antar manusia. Kata- kata tersebut sebenarnya sangat mudah di dikatakan dan bila di dasari dengan ketulusan hati, tanpa basa-basi ternyata dampaknya sangat luar biasa. Kata tersebut adalah “Terimakasih” (thank you), “maaf” (sorry), dan “tolong” (please). Seperti halnya ketika saya membiasakan tiga kata ajaib itu. Bersyukur, anak-anak kini terbiasa mengucapkannya.

Rara sedang belajar dengan mas Aufa

Oh ya..., soal tiga kata ajaib itu yakni "tolong, maaf dan terima kasih" saya tak pernah mengajarkannya tapi lebih kepada menjadi role model  bagi anak-anak saya. Saya sempat terkejut sekaligus bangga ketika pertama kali Rara bisa mengucapkan terima kasih, maaf dan tolong. Jadi, selagi Rara sedang dalam masa golden age dimana otaknya masih seperti spons yang mampu menyerap apapun dengan cepat, harus diberi stimulasi yang aktif nih, supaya Rara tumbuh cerdas dan aktif.

6 comments:

  1. 3 kata itu keliatannya simple tapi dampaknya memang luar biasa...kalo kata tolong saja tidak diucapkan waktu meminta tolong, kesannya kayak memerintah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mb Aireni...andai manusia banyak yang membiasakan three magical words ini...ya..

      Delete
  2. sejak kecil diajari tiga kata ajaib itu, Inza Allah anak-anak akan memiliki komunikasi yang baik ya Mbak, Rara mirip sekali sama ibunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Astin...memang sebaiknya diajari sedini mungkin..
      hehe...iyakah? makasih mba... ;)

      Delete
  3. membiasakan mengucap 3 kata sederhana ini ( terima kasih, maaf, tolong) memang perlu dibiasakan sejak dini, terutama sejak masih kanak-kanak. Kelak ketika dewasa mereka memiliki karakter baik, enggak seenaknya ketika meminta bantuan teman dan sebagainya.

    Semoga kelak anak2nya bsa menjadi anak Sholeh dan Sholehah ya Bunda :D
    #HappyBlogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul banget mba... three magical words ini juga mengajari kita menjadi orang yang santun...
      aamiin...maksih doanya, mba ;)

      Delete